Actuator berfungsi sebagai penggerak parabola secara otomatis, jadi kagak usah ribet tracking ketika ingin pindah ke satelit laen, langkah cuman tracking 1X saja. Kelebihan memakai actuator dan positioner seperti di awal kalimat Saluran Satelit, kagak ribet ngubar arah parabola. Tapi actuator juga ada kelemahannya Gan, wajib di cek sedidni mungkin untuk menghindari kerusakan alat ini. Agan bisa masuk di Masalah Utama Actuator Dish parabola.


Untuk memasang acatuator dan positioner akan ane ulas dibawah ini Gan, step by step agar bisa Agan praktekan bila ingin memasang acatuator sendiri.
  • Parabola sudah terpasang ganti lnb dengan single LNB, apabila belum tracking dulu sat Palapa dulu dengan single LNB, channel terkuat 3788 H 5630 milik TV One.
  • Mulailah dengan menempatkan posisioner di sekitar angka 240-260, atau fik ke 260. Saya jamin pasti posisi akan berubah karena berubahnya posisi oleh faktor gerakan dari actuator.
  • Pasang actuator dan cari signal paling kuat satelit Palapa, jika sudah kencangkan baut pengikat parabola dan actuator. Ingat ! possi angka positioner 240-260, karena rentannya untuk menarik kekiri dan mendorong kebarat.
  • Gerakkan dengan menekan tombol kanan actuator ke arah barat asiasat 7, jangan terlalu banyak angkanya, sedikit demi sedikit. Jika sudah silahkan disimpan di hardware postioner, karena panutan langkah berkitunya.
  • Lakukan langkah diatas untuk satelit lainnya Gan, bila sudah mendapatkan signal bagus langsung simpen saja.
Pengalaman diatas sesuai pengalaman ane sendiri, dengan belajar manual pasti bisa koq tracking sendiri, asal ada kemauan dan kaga menyerah ! oh iya Gan cek ini dulu biar tahu Daftar All Satelit Terbaru Untuk Beam Asia, thanks.