Menggunakan actuator untuk menggerakkan parabola memang sangat simple sekali, Agan kagak usah tracking satelit untuk mencari siaran favorit. Actuator fungsinya untuk menggerakkan parabola sesuai dengan keinginan pemiliknya, data disimpan ke dalam pengaturan motor receiver tanpa harus menyimpan lagi. Inilah kelebihan dari actuator parabola, kagak usah ribet puter puter parabola lagi.
Dari kelebihan pasti ada kelemahan, namanya saja barang electronik, baru beli dan dipake beberapa hari langsung rusak juga banyak. Permasalahan yang sering dihadapi untuk parabola menggunakan actuator;

1. SIGNAL HILANG
Signal ilang bisa disebabkan oleh angin apabila dish dipasang diatas rumah, keuntungan memasang dish di atas rumah gampang mudah mendapatkan signal yang maksimal, tapi akan akalah sama angin. Berbeda dengan paraobla FIX ! semuanya sudah disetting sedemikan rupa agar dish tidak bergerak oleh hembusan angin yang agak kenceng.
Solusi : cari manual menggunakan actuator, tekan saja menu ki left atau righ dikit demi sedikit hingga mendapatkan signal lagi.

2. MOTOR KEMASUKAN AIR
Motor actuator ada disebalh ujung sendiri, permasahan utama waktu musim penhujan adalah air. Apabila sil sudah rusak karena terkena sinar matahari terus menurus, maka air hujan akan mudah masuk ke dalam motor actuator. Posisi rawan air bisa masuk ke motor actuator adalah saat posisi di satelit Thaicom 5, posisi acutator sekitar 70-80 derajat, hampir tegak lurus.
Solusi : Bila motor udah rusak fatal harus beli actuator baru lagi. Untuk berjaga-jaga setiap sisi yang rawan dengan air bisa di kasih dengan lem seller, lem ini basanya untuk lem kaca mobil.

3. BAUT DISH COPOT
Dish selalu bergerak saat pindah satelit A ke satelit B, jika ini dilakukan terus menerus pasti baut segitiga penyangga dish akan bergerak dengan sendirinya, hasilnya baut akan copot. Apabila sudah copot maka actuator tidak mungkin akan bisa menggerakkan dish, dan di layar mesin actuator akan ERR 2.
Solusi : bawa contoh baut asli bawaan dish ke toko mur baut dan beli dengan baut yang lebih panjang lagi. Hal ini akan menekan resiko baut copot karena sering di gerakkan ke arah ujung kulon dan ujung timur.

4. KELUAR BUNYI BISING
Bunyi bising dikarenakan tongkat actuator kering dan mengeluarkan bunyi bising saat perpindahan satelit A ke satelit B. Untuk actuator baru pasti bunyi bising tidak akan ada, tapi alangkah baiknya harus teliti suara asing actuator dan dish parabola. Bunyi bising juga bisa keluar dari mur dish penghubung actuator yang sudah kering atau karatan.
Solusi : Ubah posisi satelit ke thaicom 5, dan tongkat parabola ditetesin oil mesin jahit atau oil mesin kendaraan bermotor. Cari mur penghubung dish dengan actuator dan ditetesin dengan oil.

Okay Gan ! diatas sedikit lah solusi untuk memperbaiki atau menyikapi dari permasalahan actuator parabola, semoga berguna, thank's ...