Para tracker profesional pastilah tahu banget tentang satelit Optus, tentunya pula satelit ini bisa membuahkan hasil ketika ada konsumen membutuhkan jasa untuk tracking satelit satu ini. Satelit Optus D1 berada di bujur 160.0 E, kekuatan signal agak lemah jadi harus ektra sabar untuk ngedapet sidnal memuaskan.

Channel televisi satelite Optus D1 manya ada bebrapa saja, yaitu Sky, SBS dan Feed View dengan sub channel yang beraneka ragam. Menurut ane gak ada ruginya bermain main dengan Optus D1 dengan acaranya yang bisa menghibur ane dan Agan.

Keuntungan tracking satelit Optus D1, ane dan Agan dapat ngedapet signal dari satelit Intelsat 8 dengan acara olah raga Premier League TV. Untuk ngedapet signal Premier League TV tentunya ane dan Agan harus nambahin LNB sendiri, karena kedua satelit ini berbeda LNB.
Peralatan yang ane dan Agan butuhkan cukup gampang og, berikut tool untuk ngedapet signal Optus D1 dan Intelsat 8

DISH FLAT
Menggunakan solid dish alloy 6 - 12 feet merupakan syarat utama untuk ngedapet signal Optus, semakin banyak feetnya semakin baik pula signal yang di dapet. Harga parabola flat ini berbeda menurut brand dan jumlah feetnya, kesemuanya tergantung dari kocek dalam dompet. Info dari toko online terpercaya harga dish solid sebagai berikut :
  • Dish Solid 8 Feet Getmecom harga Rp 2.700.000
  • Dish solid 6 feet Venus harga Rp 650.000.00
LNB
Selain dish flat, ane dan Agan juga membutuhkan LNB agar ngedapet signal Optus D1, bila ingin intelsat 8 harus nambahin lagi, karena kedua tipe LNB ini berbeda Gan, Ku band dan C band. Untuk harga bermacem-macem Gan, Yang paling mahal mungkin jatuh ke LNB Ku band, untuk C band mungkin masih ringan lah. Info dari toko online terpercaya harga LNB sebagai berikut :
  • LNB Ku Band Santec Prime Fokus harga Rp 225.000.00
  • LNB KAONSAT C Band NOISE harga Rp 175,000.00
DISEQ SWITCH
Alat ini nantinya berguna untuk membagi kedua satelit yang sukses ane dan Agan tracking, tinggal seting aja transponder kedua satelit dengan merubah setingan didalam receiver. Harga diseq swtch sekitar Rp 20.000

Peralatan kabel dan lainnya dikalkulasi sendiri Gan, ane ngasih info tool yang penting aja, dari kabel sekrup dan tambahan lainya bisa ngebeli di toko elektronik terdekat, dengan begitu akan terbongkar biaya tracking satelit Optus D1 bonus satelit intelsat 8. Thank's